Kamis, 08 April 2010

CD Drive Letter Hilang

Beberapa hari ini komputer saya mendapat masalah; sering restart sendiri sehingga saya harus meneliti apa masalahnya. Pada awalnya saya mengira karena ulah virus, worm, atau spyware dan sejenisnya. Jadilah pekerjaan bersih-bersih sana sini, tetapi masalahnya tetap ada. Saya coba booting dengan linux ternyata juga sama. Bahkan belum selesai booting, tiba-tiba restart sendiri. Akhirnya saya angkat cpu dan pasang di komputer lain, ternyata tidak ada masalah. Saya putuskan untuk memeriksa semua sekaligus membersihkan dan merapikan kamar saya yang tampak kotor dan amburadul.

Saat itulah saya temukan penyakit yang sebenarnya; colokan kabel stavol hangus terbakar. Mau tidak mau semua peralatan dirapikan dari awal dan colokan kabelnya diganti, dan akhirnya semuanya selesai; komputer saya tidak restart sendiri lagi.
Namun justru setelah berjalan normal, datang masalah baru. CD ROM/RW hilang dari deretan Drive Letter. Periksa di Device Manager, peralatan ini diberi tanda kuning. Wah, bisa jadi ini gara-gara bersih-bersih virus dan worm dan lalai saat membersihkan registry. Satu masalah lagi yang membuat saya harus utak-atik, bongkar pasang, periksa sana periksa sini. Tidak juga menjumpai penyakit yang sebenarnya. Maka, tidak ada jalan lain kecuali menggunakan prinsip utama; bertanya kepada Pak Google. Entah berapa lama saya menghabiskan waktu di ruangan Pak Google, dan akhirnya menemukan trick by trial yang saya lupa sumbernya. Saya tuliskan di sini untuk berbagi jika anda menemukan masalah yang sama. Kredit trik ini tentu tetap kepada penulis aslinya, yang saya lupa karena tidak sempat menyimpan urlnya.
Saya gunakan trik ini pada masalah yang saya alami; CD Drive Path hilang di Windows XP SP2 dan di Device Manager diberi tanda kuning dengan exclamation mark (!). Windows menyebutkan problemnya tidak bisa loading driver untuk device ini. Sedangkan di BIOS, CD Drive kita tetap terbaca secara normal, tanpa masalah.
Jika anda mempunyai masalah yang sama, silahkan ikuti trik berikut dengan catatan untuk selalu melakukan backup pada setting yang di delete.
1. Buka regedit:
-> click Run
-> Ketik regedit
-> Enter
2. Di dalam registry editor, cari
-> + HKEY_LOCAL_MACHINE
-> + SYSTEM
-> + CurrentControlSet
-> + Control
-> + Class
-> + {4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
3. Click bagian ini, lihat sebelah kanan, ada:
-> Upperfilters
-> Lowerfilters
-> Click kanan pada masing-masing,
-> Delete dan Yes.
4. Tutup registry editor.
5. Hapus CD Driver kita dari Device Manager:
-> click start
-> click kanan My Computer dan click properties
-> click hardware tab
-> click device manager
-> click plus sign next to DVD/CDROM Drives
-> double click pada masing-masing
-> click driver tab, dan
-> uninstall.
6. Reboot

Saya berhasil mendapatkan kembali CD Drive saya di My Computer. Jika Anda masih menemukan masalah, silahkan konsultasi dengan 081371888599.

Tidak ada komentar: